Situs Penyedia Informasi

Cara Mengobati Rematik Secara Tradisional & Alami

5 Obat Rematik Tradisional Alami

Rematik merupakan salah satu jenis penyakit yang sering dialami oleh sebagian besar masyarakat di Indonesia. Rematik sendiri merupakan sekumpulan penyakit yang cukup rumit dan menyerang pada bagian sistem sendi, otot dan tulang serta jaringan lunak yang terdapat di sekitar bagian tubuh tersebut. Mereka yang mengalami rematik umumnya akan mengeluhkan nyeri di bagian sendi, rasa nyeri tersebut bisa disebabkan oleh banyak faktor. Misalnya karena infeksi, trauma dan yang lainnya. Salah satu cara yang efektif dan umum dilakukan oleh banyak orang untuk mengatasi rematik adalah dengan mengkonsumsi obat rematik tradisional alami seperti dibawah ini.

5 Obat Rematik Tradisional Alami Yang Terbukti Efektif

1. Akar Beluntas

Akar beluntas dapat digunakan sebagai obat rematik tradisional alami, selain itu akar beluntas juga bisa digunakan untuk mengobati sakit pinggang dan nyeri pada sendi. Apabila Anda mengalami sakit pinggang ataupun keluhan lainnya yang berhubungan dengan nyeri sendi, segeralah ambil akar beluntas secukupnya kemudian dicuci bersih dan rebus akar beluntas tersebut bersama segelas air samapi mendidih. Saring air rebusan tersebut dan minum sekali sehari.

2. Brotowali/Bratawali

Rasa dari tanaman bratawali memang pahit, bahkan jauh lebih pahit dari pare. Akan tetapi, di balik rasanya yang pahit tersimpan manfaat yang besar sebagai obat alami. Salah satunya adalah untuk mengobati rematik. Caranya adalah dengan mengambil 10 cm batang brotowali kemidua cuci dengan bersih lalu potong-potong sebesar 3 cm. Rebus bersama 3 gelas air hingga airnya tinggal setengah saja. Saring air rebusan, setelah dingin Anda bisa meminumnya 3 kali sehari.

3. Bengle/Panglai

Bengle atau panglai merupakan tanaman rimpang yang juga berkhasiat untuk menyembuhkan rematik. Rebus rimpang bangle bersama air selama kurang lebih 1/2 jam. Setelah air rebusan dingin, saring lalu diminum.

Baca Juga  Cara Mengobati Maag Secara Tradisional & Alami

4. Mustard oil dan kapur barus

Campuran dari mustard oil dan kapur barus adalah obat herbal tradisional yang tidak kalah ampuhnya untuk mengatasi rematik, bahkan ramuan ini bisa Anda gunakan sehari-hari. Campuran bahan-bahan alami seperti ini akan sangat bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah, terlebih lagi pada bagian tubuh yang nyeri karena rematik. Cukup dengan menyiapkan 10 gram kapur barus serta 1 cangkir mustard oil kemudian hingga kapur barus larut secara sempurna. Pijatkan minyak pada bagian tubuh yang terasa nyeri.

5. Jahe

Bukan hanya efektif untuk menghangatkan tubuh, jahe juga berperan baik dalam mengobati rematik. Jahe merupakan obat rematik tradisional alami yang termasuk mudah untuk di dapatkan dan telah umum digunakan sebagai bumbu masakan oleh masyarakat Indonesia. Anda bisa menggunakan jahe untuk meredakan penyakit rematik, dengan cara mencampurkannya kedalam salad, saus ataupun sup. Biasanya setelah mengonsumsi jahe, rasa nyeri yang terjadi pada bagian sendi akan semakin mereda serta membaik.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *